Atlantis adalah Indonesia??

Kisah benua hilang Atlantis berawal dari abad 355 SM berdasarkan kisah filosof Yunani , Plato. Plato berencana menulis sebuah trilogi mengenai manusia, penciptaan dunia, dan kisah Atlantis. hanya buku pertama yang terselesaikan. Buku Kedua hanya selesai setengahnya dan buku ketiga sama sekali belum ditulis.

Ada sebuah kekaisaran yang perkasa berlokasi di Selat Gibraltar. Kekaisaran ini berada di sebuah pulau di Samudra Atlantik. Pendiri kekaisaran tersebut adalah Poseidon, sang dewa laut. Ibu kota Atlantis merupakan sebuah keajaiban arsitektur dan teknologi. Bangunan megah dan kanal-kanal yang tertata rapi menjadi bagian dari kota. sebuah kuil indah  untuk memuja Poseidon berdiri di puncak bukit berhiaskan emas Poseidon yang menunggang kereta yang ditarik enam ekor kuda laut bersayap. Namun semua itu berakhir dengan adanya gempa dahsyat yang disertai tsunami raksasa yang membawa negeri impian tersebut ke dasar samudera. Hal itu dikarenakan oleh sikap penduduk atlantis yang rakus dan korup sehingga para dewa pun murka. Sejak saat itu atlantis tidak pernah terlihat lagi.


Berdasarkan kisah plato, terlalu banyak hal detail yang diberikan jika itu hanya digunakan sebagai suatu kiasan. di sisi lain, seorang murid plato, aristoteles yang juga sangat terkenal dengan pemikiran-pemikiran hebatnya, menyebutkan bahwa plato menciptakan Atlantis sebagai ilustrasi untuk menyampaikan tujuannya. namun sayangnya , tulisan aristoteles ini pun telah hilang ribuan tahun silam.

So, dimana letak Atlantis sebenarnya? di selat Gibraltar dan Pulau Azores menjadi lokasi pertama yang disebut. Pendapat ini terbantahkan dengan adanya fakta bahwa menurut penelitian, dasar samudera Atlantik tertutup oleh lapisan sedimen berusia jutaan tahun. Banyak nama tempat lain kemudian bermunculan, mulai dari Swiiss hingga Selandia Baru di Samudera Pasifik.


Spekulasi baru mengenai atlantis kemudian muncul, diungkap oleh seorang ilmuwan Brazil, Arysio Santos. Dalam bukunya, Santos menyebutkan bahwa Indonesia merupakan lokasi Atlantis, Berdasarkan definisi yang disebut Plato dalam " Lost Civilitation". Santos menyebutkan bahwa sebenarnya Atlantis berlokasi di Lautan Hindia, di belahan timur tempat peradaban bermula. Dulu, sebelum jaman es berakhir atau sekitar 30.000 tahun lalu, di Indonesia terdapat daratan yang sangat luas. 

Apakah pendapat Santos menjadi akhir dari teka-teki Atlantis?.  Tunggu dulu bro, Pada maret 2011 muncuk kabar bahwa tim peneliti dari AS meyakini mereka telah menemukan bukti kuat Atlantis  berada di dataran berlumpur di Selatan Spanyol. Nah, kita tunggu saja bagaiman perkembangan mengenai misteri Atlantis ini .

Tidak ada komentar:

Posting Komentar